Layout

Selasa, 07 Oktober 2014

Review Studentsite Universitas Gunadarma Versi Terbaru

Situs mahasiswa (studentsite) disediakan untuk memperoleh informasi dari dosen maupun program studi yang dapat secara langsung diketahui melalui situs mahasiswa tersebut. Situs ini dapat digunakan untuk mendukung proses belajar-mengajar yaitu melalui informasi jadwal kuliah dan ujian,  informasi atau tugas dari dosen, dan Daftar Nilai Sementara (DNS). Selain itu, USER ID dan password pada studentsite ini dapat digunakan untuk mengakses layanan ICT lainnya yaitu UG-Hotzone, Internet Lounge, Integrated Lab, Career Center, dan E-Learning Center. Fitur lainnya adalah fasilitas email, forum atau group discussion, pendaftaran sidang akhir, dan pemesanan surat keterangan.

Saya akan me-review tampilan studentsite yang baru. Berikut ulasan dari halaman utamanya :

1.      HOME



Tampilan di atas merupakan Home pada Studentsite yang baru. Di pojok kanan atas terdapat pilihan menu Home, Berita, Aktivasi dan Kontak. Namun, tampilan menu seperti Akademik, Perpustakaan, Surat Keterangan, BAAK, Portofolio Mahasiswa dan Blog Komunitas yang terdapat di tengah tidak bisa diklik untuk diakses. Untuk mengakses pilihan menu tersebut mahasiswa harus melakukan aktivasi data login terlebih dahulu.

2.      BERITA


Tampilan di atas merupakan menu Berita terkini dari Universitas Gunadarma.

3.      AKTIVASI


Tampilan di atas merupakan menu Aktivasi. Menu ini digunakan untuk aktivasi mahasiswa gunadarma yang belum mendaftar. Untuk dapat melakukan aktivasi akun student site, silahkan isi data pada kolom. Pastikan data yang dimasukkan sesuai dengan data yang diberikan ketika melakukan pendaftaran mahasiswa baru atau perbaikan data pada PSA Universitas Gunadarma. Pastikan alamat email yang dimasukkan aktif, karena apabila lupa password maka informasi nya akan dikirimkan melalui alamat email tersebut.

4.      LOGIN


Tampilan di atas merupakan menu Login. Menu ini digunakan untuk masuk ke account Studentsite bagi Mahasiswa Gunadarma yang telah mendaftar di Studentsite.

5.      KONTAK



Tampilan di atas merupakan menu Kontak. Kegunaannya adalah untuk menghubungi BAPSI jika ada permasalahan pada peng-aktivasian Studentsite dan masalah- masalah pada Akun Studentsite.

Berikut ini ulasan dari menu layanan akun Studentsite :

1. AKADEMIK


Tampilan di atas merupakan layanan akademik. Akademik ini berisi rangkuman nilai Mahasiswa selama perkuliahan. yang menyangkut nilai pada perkuliahan, kegiatan- kegiatan seperti workshop/kursus, PI / Skripsi / Aptitude / Perpus / Sidang, Ujian Mandiri UTS, dan UTS. Untuk mengaksesnya klik tombol buka modul akademik.

2. PERPUSTAKAAN


Tampilan di atas merupakan layanan perpustakaan. Layanan ini untuk membuat formulir permohonan bebas perpustakaan yang merupakan syarat untuk mengikuti sidang skripsi pada mahasiswa tingkat akhir.

3.     SURAT KETERANGAN  


Tampilan di atas merupakan layanan Surat Keterangan. Layanan ini berisi contoh Formulir surat keterangan. seperti menjadi anggota perpustakaan, asuransi kesehatan, pengunduran diri, melamar kerja, tunjangan pensiun kantor orang tua, magang kerja, memperoleh data penulisan ilmiah, memperoleh data skripsi, analisis data, kerja praktek, permohonan magang kerja, dan tunjangan gaji dari kantor orang tua. jenis- jenis surat tersebut terdapat pada menu ini.

4. PORTOFOLIO

Pada layanan portofolio terdapat dua pilihan yaitu Penulisan dan Tugas. Penulisan adalah Menu Layanan yang berfungsi untuk memposting atau mengirim tulisan-tulisan kita dan untuk mengetahui seberapa banyakkah tulisan yang telah kita posting. Tugas sama fungsinya dengan menu tulisan. Tetapi hanya tugas softskill yang boleh dimasukkan dalam menu ini.

5. BLOG

Pada layanan blog terdapat beberapa blog komunitas dalam menu ini. Tergantung blog mana yang sesuai dengan minat dan jurusan mahasiswa yang ingin menulis posting di salah satu blog komunitas berikut: Blog Banking, Linux, Fotografi, Robotika, Arsitektur, Ekonomi syariah, dan Pasar Modal.

6. GANTI PASSWORD


Pada layanan ini digunakan untuk mengganti password akun Studentsite mahasiswa.

7. LOGOUT

Layanan ini digunakan untuk keluar dari akun studentsite gunadarma.


Keunggulan Studentsite :

·    Penggunaan satu account untuk semua kepentingan akses di lingkungan aplikasi Universitas Gunadarma. Memudahkan mahasiswa untuk menggunakan aplikasi yang telah terintegrasi. Didukung oleh aplikasi dan infrastruktur yang handal, aplikasi Studentsite dapat diakses dimana saja secara online. Manfaatkan kemudahan akses Studentsite ini.


Kelemahan Studentsite :

·        Kelemahan layanan studentsite ini, terkadang sulit untuk terhubung dengan studentsitenya, dan lamanya akses di setiap menunya. Masih terdapat tampilan menu yang tidak bisa diklik untuk diakses.

Sekian ulasan saya me-review Studensite Universitas Gunadarma versi terbaru. Jika ada kekurangan dan kesalahan, mohon dimaafkan. Terima Kasih.



SUMBER :

1 komentar:

  1. mau tanya, untuk sertifikat dapat ditaruh di studentsite katanya. dibagian mana ya ?

    BalasHapus