Layout

Kamis, 22 Mei 2014

5 Tempat Terdingin di Dunia (Bagian 1)

5. North Ice, Greenland : -66,1oC
North Ice, Greenland, adalah salah satu tempat terdingin yang ada di dunia
Nama tempat ini benar-benar melambangkan cuaca ekstrim di tempat itu yakni pernah mencapai -66,1oC. Dari suhu ekstirm itu maka kata "es" pada namanya sudah memperingatkan cuaca ekstrim yang ada di tempat ini. Tempat ini sendiri pada awalnya memang merupakan stasiun penelitian inggris namun hanya bertahan hingga tahun 1954 dan pada tahun itulah diketahui rekor terdingin di North Ice ini. Suhu itu merupakan suhu terdingin di Amerika Utara.

4. Verkhoyansk, Rusia : -67,8oC
Verkhoyansk di Rusia adalah salah satu tempat paling dingin yang ada di dunia
Ada alasan mengapa orang-orang Rusia selalu dikenal mengenakan topi berbulu mereka, yang tidak lain alasannya adalah karena cuaca yang esktrim seperti di Verkhoyansk. Sudah terkenal akan suhunya yang sangat rendah dan juga merupakan salah satu tempat di dunia yang temperaturnya sangat berbeda antara musim panas dan musim dingin.
Pada musim dingin suhu terdingin yang pernah diketahui di tempat ini adalah mencapai -67,8oC. Maka tidaklah mengherankan jika para 1.500 penduduk yang tinggal di tempat ini lebih memiliki tinggal di rumah saat musim dingin dan kalaupun keluar benar-benar berpakaian lebih dari lengkap.

3. Oymyakon, Rusia : -71,2oC
Oymyakon di Rusia merupakan salah satu tempat paling dingin yang adai di dunia
Dengan cuaca ekstrim dari iklim kutub utara, Artik, Oymyakon secara resmi merupakan tempat terdingin di dunia yang ditinggali manusia. Rekor terdingin yang pernah dicapai tempat ini adalah -71,2oC, melihat hal itu maka tidaklah mengherankan jika tanah di desa ini selalu beku setiap saat alias beku permanen. bagi Anda yang ingin merasakan tinggal dikelilingi es maka tempat ini adalah tujuan terbaik Anda.

2. Stasiun Penelitian Rusia Vostok, Antartika : -89,2oC
Stasiun Penelitian Rusia Vostok secara resmi merupakan tempat terdingin yang ada di dunia
Resminya, stasiun penelitian Rusia di Antartika ini merupakan tempat terdingin di dunia. Pada 21 Juli 1983, temperatur di stasiun penelitian tersebut mencapai titik terdinginnya, yakni -119.2oF atau setara dengan -89,4oC. Teletak 3.488 meter di atas permukaan laut, stasiun penelitian Vostok merupakan salah satu stasiun penelitian paling terisolasi di Antartika. Pada umumnya peneliti di tempat ini ada sekitar 25 orang, namun melihat cuaca yang sangat dingin akan menyebabkan peneliti di tempat ini menjadi hanya sekitar 13 orang. Sebagai tambahan stasiun penelitian Rusia Vostok juga dekat dengan danau vostok, salah satu tempat paling misterius di dunia.

1. Dome F, Antartika : -93,2oC
Dome F atau Dome Fuji di Antartika adalah tempat paling dingin yang ada di dunia
Antarctica sebagai kutub selatan bumi ini memang sudah terkenal sebagai tempat yang sangat dingin dan hal itu memang tidak salah melihat 3 tempat terdingin dunia ada di tempat ini. Namun di tempat ini ada 1 titik terdingin yang benar-benar dapat dikatakan sebagai tempat terdingin dunia, yakni dekat Dome F atau merupakan stasiun operasi riset Jepang, Dome Fuji Station.
Tepatnya terletak di antara 2 puncak yang ada di Antarctica Timur, yakni Dome Argus (Dome A) dan Dome Fuji (Dome F). Pada tempat itu, peneliti utama Ice Data Center di Boulder, Ted Scambos, menemukan bahwa temperatur telah mencapai titik terdingin dunia, yakni -93,2oC. Sayangnya temperatur itu tidak dimasukkan ke dalam rekor dunia ataupun rekor resmi karena pengukuran juga tidak dilakukan secara resmi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar