Layout

Kamis, 22 Mei 2014

5 Tempat Terdingin di Dunia (Bagian 2)

10. Fort Selkirk, Yukon, Kanada : -58,9oC
Fort Selkirk adalah salah satu tempat paling dingin yang ada di dunia
Pada awalnya Fort Selkirk bertindak sebagai pos perdagangan di Sungai Yukon. Namun di tahun 1950, tempoat ini hampir ditinggalkan karena cuaca yang sangat ekstrim. Untungnya, karena tempat ini dapat ditinggali lagi maka upaya restorasi dapat terlihat dimana-mana. Walaupun begitu hingga sekarang kota ini hanya dapat diapai dengan kapal atau pesawat karena tidak akses jalan. Temperatur paling dingin yang pernah dicapai kota ini adalah -58,9oC.

9. Prospect Creek, Alaska, USA : -62oC
Propsect Creek adalah salah sau tempat terdingin di dunia
Prospect Creek merupakan sebuah pemukiman kecil yang harus mengalami iklim sub-Artik yang berarti musim dingin lebih panjang dan musim panas yang pendek. Pada awalnya dibangun sebagai sarana rute transportasi Trans-Alaska namun karena cuaca yang ekstrim maka tempat ini mengalami peneurunan luas dan juga menjadi kurang ramai. Cuaca terdingin yang pernah dicatatkan tempat ini adalah -62oC.

8. Snag, Yukon, Kanada : -63oC
Snag Yukon di Kanada dapat disebut salah satu tempat dingin di dunia hingga orang-orang membeku
Inilah kota terdingin yang ada di Kanada, Snag, terletak di Barat Daya  Yukon, Kanada. Cuaca di kota ini sangatlah dingin, kering, dan membeku. Hal itu dibuktikan dengan temperaturnya yang mencapai -63oC. Uniknya, karena cuaca yang sangat dingin itulah penduduk kota menyadari bahwa suara dapat terdengar lebih jelas pada cuaca dingin. Mereka mengatakan penduduk berbicara seakan-akan mereka sangat dekat padahal jarak mereka dapat lebih daripada 5 km.

7. Yakutsk, Rusia : -64,4oC
yakutsk di Rusia adalah salah satu tempat terdingin di dunia dengan kabut di kota
Yakutsk adalah kota pelabuhan Rusia di Sungai Lena. Uniknya, kota ini merupakan kota terbesar yang pernah dibuat di lapisan es abadi dengan suhu terendah yang pernah dicapai kota ini adlah-64,4oC. Di kota ini -40oC dideskripsikan sebagai "dingin, tetapi tidak terlalu dingin." Bagi Anda yang mengunjungi tempat ini selalu ingat mengenakan sarung tangan dan semua perlengkapan yang dapat membuat Anda lebih hangat. Anda tidak ingin mencoba menghadapi dinginnya cuaca kota yang menyebabkan kabut dimana-mana.

6. Eismitte, Greenland : -64,9oC
eismitte di Greenland adalah salah satu tempat terdingin yang ada di planet ini
Dalam bahasa Jerman, kata Eismitte dapat berartikan pusat es sedangkan di Inggris berartikan pertengahan es. Apapun itu, tempat ini memang merupakan lokasi yang sangat tepat untuk es dengan es sepanjang daratannya. Temperatur terdingin yang pernah dicatatkan tempat ini adalah pada bulan Februari yakni -64,9oC.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar