Layout

Kamis, 22 Mei 2014

Pohon Tertua di Dunia (Bagian 1)

5. Llangernyw Yew - Llangernyw, Conwy, North Wales

Llangernyw Yew adalah salah satu pohon tertua dunia yang umurnya diperkirakan lebih dari 4000 tahun
Pohon cemara menakjubkan ini diperkirakan berumur lebih dari 4.000 tahun dan telah ditanam sejak zaman perunggu kuno. Pohon ini sendiri dapat ditemukan di pekarangan gereja Llangernyw dan menurut legenda lokal, gereja Llangernyw ini ditempati oleh sebuah roh kuno bernamaAngelystor. Dikisahkan bahwa setiap Hari Halloween, Angelystor akan menyebutkan nama-nama orang yang akan meninggal di tahun berikutnya.

4. Sarv-e Abarkuh - Arbakuh, Yazd, Iran

Zoroastrian Sarv adalah salah satu pohon tertua dunia dengan umur perkiraan adalah 4000 tahun
Masih dalam bentuk perkiraan, umur dari pohon Sav-e Abarkuh di Iran ini diperkirakan setidaknya berumur sekitar 4.000 tahun dan juga telah menyaksikan perubahan peradaban manusia dari zaman ke zaman. Pohon yang dikenal sebagai "Zoroastrian Sarv" ini adalah monumen nasional Iran dan adalah pohon paling tua yang ada di Asia. 

3. Methuselah - Inyo County, California, US

Pohon Methuselah adalah pohon tertua kedua di dunia dengan umur 4846 tahun
Sebelumnya pohon inilah yang secara resmi bergelar pohon tertua di dunia. Terletak di hutan nasional Inyo, keberadaan pohon Methuselah ini tidak diberitahukan secara terbuka ke publik sebagai alasan kelestarian dan keamanan. Sekarang ini Methuselah berumur 4.846 tahun dan merupakan pohon tertua kedua di dunia. Uniknya, nama Methuselah sendiri didapatkan dari figur Alkitab, yakni Methuselah, anak dari Henokh dan Kakek dari Nuh, yang disebut-sebut sebagai manusia tertua yang pernah ada di bumi dengan umur 969 tahun.

2. Pohon Pinus Tidak Bernama - White Mountains, California, US

Pohon pinus anonim ini adalah secara resmi pohon tertua dunia dengan umur 5064 tahun
Sebenarnya telah ditemukan sejak akhir tahun 1950-an, namun sayangnya si penemu tidak mendapatkan kesempatan untuk mengetahui berapa tepatnya umur pohon tersebut sebelum ia meninggal. Kemudian di tahun 2012, Tom Harlan dari Laboratory of Tree-Ring Research berhasil meverifikasikan umur pohon tersebut dan hasilnya sangat mengejutkan. Ia secara resmi berhasil menemukan pohon tertua yang ada di dunia, yaitu berumur 5.062 tahun (saat itu). Dengan berumur 5.064 tahun (Sekarang ini) maka itu berarti ia telah menyaksikan naik turunnya peradaban manusia selama 50 generasi.

1. The Sisters - Bechaelah, Batroun District, Libanon

The Sisters disebut-sebut sebagai pohon paling tua di dunia dan digunakan di Bahtera Nabi Nuh
Dikenal juga sebagai "The Sisters Olive Trees of Noah" adalah sekumplan 16 pohon Zaitun yang diperkirakan berumur 5.000-6.000 tahun. Jika hal itu benar, maka The Sisters dapat saja menjadi pohon non-klonal paling tua di dunia. Sayangnya, umur dari pohon ini masih hanya berupa perkiraan dan belum dapat diketahui berapa tepatnya umur dari pohon ini. Legenda lokal mengatakan bahwa Bahtera Nuh dibuat dari pohon ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar