Layout

Senin, 27 Januari 2014

Mimisan atau Epistaksis

Mimisan atau epistaksis adalah pendarahan yang keluar dari lubang hidung, pendarahan tersebut terjadi karena lepasnya mukosa yang mengandung pembuluh darah kecil. Mimisan kerap terjadi pada balita, anak, dan orang dewasa. Banyak yang menyebabkan kenapa mimisan tersebut bisa terjadi, salah satunya faktor perubahan cuaca. Untuk lebih lengkapnya mengenai Penyebab Mimisan baca di bawah ini:

1.       Alergi
                Beberapa kasus mimisan adalah sebagai reaksi alergi akan sesuatu (entah makanan atau disebabkan alergi lain). Di sini, pembuluh kapiler terbuka dan menyemprotkan sedikit darah dari dalam tubuh dan mengalir lewat hidung.

2.       Perubahan cuaca ekstrim
                Mimisan juga bisa dialami oleh mereka yang tak tahan akan perubahan cuaca ekstrim. Umumnya area hidung (dalam) menjadi sangat kering dan iritasi, sehingga tak lama kemudian terjadilah mimisan.

3.       Saat flu
                Saat flu cenderung orang akan bereaksi dengan membuang ingus dari hidung. Terkadang, saat membuang ingus terlalu sering, kondisi di dalam hidung terluka dan memicu terjadinya mimisan.  Untuk itu, disarankan agar saat flu tidak terlalu keras mengeluarkan ingus dari hidung.

4.       Sinus
                Mimisan juga dialami oleh penderita sinus di beberapa sikon tertentu. Dan apabila darah yang keluar berwarna gelap serta mengeluarkan aroma tak sedap, ada baiknya segera diberi pertolongan pertama dan dibawa ke dokter. Problem ini mengindikasi adanya infeksi atau tumor.

5.       Tekanan darah naik
                Mimisan yang terjadi karena tekanan darah naik umumnya dialami oleh para ibu-ibu hamil. Kondisi ini sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter sehingga tidak mengganggu kegiatan dan menimbulkan kecemasan.  Selain itu, mimisan yang disebabkan karena tekanan darah naik juga bisa dialami oleh pria/wanita yang tidak hamil. Dan umumnya terjadi pada penderita tekanan darah tinggi.

6.       Kondisi kesehatan tertentu
                Ada beberapa kondisi sakit yang reaksinya memunculkan mimisan. Misalnya: penderita leukimia. Dan umumnya sudah ada obat yang dapat mengatasi serta mengendalikan mimisan pada pasien leukimia. Apabila mimisan disertai muntah darah, maka baiknya pasien segera dirujuk ke dokter.  Tidak semua mimisan itu menakutkan dan merupakan indikasi penyakit parah. Untuk mengetahui penyebab pastinya, Anda bisa berkonsultasi dengan tim medis sehingga dapat mengatasi mimisan yang Anda alami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar