Layout

Selasa, 28 Januari 2014

Tanda Dehidrasi pada Rambut

Rambut pun bisa mengalami dehidrasi. Jika hal ini dibiarkan, maka rambut pun bisa kusam, kering dan bahkan rontok.  Tanpa kita sadari, masalah rambut rontok atau timbulnya noda merah pada kulit bisa menjadi gejala dehidrasi. Sedangkan dehidrasi berat bisa mengakibatkan turunnya tekanan darah dan rusaknya organ dalam tubuh. Ini tanda-tandanya.

Kerontokan Rambut
Penyebab: Kekurangan kalori yang pada umumnya terjadi pada wanita yang sedang menjalani diet ketat rendah kalori. Hal ini juga mengurangi protein dalam tubuh sehingga berdampak kerusakan dan kerontokan pada rambut.
Solusi: Selain mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan minum air putih 2 liter sehari, makanlah sayur dan buah yang memiliki kadar air tinggi. Bila ingin melakukan diet, tetaplah mengonsumsi ketiganya.

Kulit Kepala Kering dan Gatal
Penyebab: Kurangnya nutrisi dan kesalahan merawat rambut. Misalnya penggunaan sampo dengan kandungan detergen keras yang mengurangi kadar minyak dan kelembapan pada kulit kepala.
Solusi: Gunakan masker khusus yang dapat membuka kutikel rambut sehingga nutrisi dapat masuk secara otomatis. Idealnya dilakukan satu minggu sekali apabila sedang mengalami masalah di atas. Hindari sampo yang mengandung isopropil alkohol, glikol polietilen, wewangian, pigmen warna dan natrium lauril sulfat yang mengandung zat pengering. Sebaiknya selalu menggunakan kondisioner rambut setelah itu.

Pengelupasan Kulit Kepala
Penyebab:  Selain penyakit eksem pada kulit kepala, salah satu penyebab pengelupasan kulit adalah dehidrasi. Kekurangan cairan tentunya memengaruhi jaringan tubuh yang juga mengering sehingga dapat dipastikan kulit kepala bisa mengelupas.  
Solusi: Menjaga hidrasi kulit dengan  minum 2 liter air  tiap hari. Selain berguna untuk menjaga kesehatan kulit juga dapat menetralisasi racun yang ada dalam tubuh. Selain itu, mengonsumsi makanan yang mengandung zinc (seperti ikan dan kacang-kacangan) dan vitamin B (seperti tuna dan avokad) yang dapat mencegah ketombe dan meringankan pengelupasan kulit. Sempurnakan dengan perawatan menggunakan pelembap khusus untuk kulit kepala dan rambut, serta sampo dan kondisioner yang mengandung minyak tea tree karena sangat efektif melawan ketombe.

Rambut Kering dan Bercabang
Penyebab: Selain kurangnya kadar air dalam tubuh, juga karena  jarang menggunakan pelembap (kondisioner atau masker rambut). Sering terkena matahari secara berlebihan dan juga bahan kimia.
Solusi:  Wajib menggunakan kondisioner pada ujung rambut dan diamkan sesaat sebelum membilasnya. Selain itu, rutin memakai masker yang mengandung avokad dan madu. Hindari penggunaan air hangat, hair dryer, dan alat lainnya yang memiliki suhu panas. Tidak ada salahnya menggunakan topi atau pelindung rambut, bila sedang melakukan aktivitas di luar ruangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar