Layout

Sabtu, 24 November 2012

Perbedaan Bunga Bangkai dan Rafflesia

      Banyak orang menganggap bunga bangkai dan Rafflesia adalah sejenis. Ternyata keduanya merupakan bunga yang berbeda, baik bentuk mapun jenisnya.
      Di Kebun Raya Bogor, Bunga bangkai menjadi salah satu daya tarik wisatawan. Tapi jangan salah mengira. Di Kebun Raya Bogor terdapat dua jenis bunga bangkai, yaitu Rafflesia dan Amorphophallus titanum. Dua bunga ini beda dari bentuk, ukuran dan jenis. Di Kebun Raya Bogor untuk Rafflesia baru memiliki Rafflesia patma. Sedangkan untuk bunga bangkai ada 9 umbi atau bibit bunga bangkai yang hidup.
      Rafflesia patma memiliki bentuk seperti Rafflesia arnoldi di Bengkulu hanya saja ukurannya lebih kecil. Sedangkan bunga bangkai Amorphophallus titanum, batang, daun, dan lidah atau spandek yang menjulang ke atas.
     Selain bentuk yang berbeda dengan patma, bunga bangkai ini bukanlah parasit yang menumpang di tumbuhan lain. Bunga bangkai Amorphophallus titanum adalah tumbuhan sejati yang memiliki umbi, batang dan daun sehingga dapat menyuplai makanannya sendiri. Namun, kedua bunga ini sama-sama beraroma tak sedap seperti bangkai.
Sedangkan Rafflesia patma merupakan parasit yang tidak mempunyai batang dan daun sendiri sehingga menumpang di tanaman lain yang disebut inang.
     Walaupun sama-sama bau, Bunga bangkai Amorphophallus titanum baunya lebih menyengat. Bahkan kalau cuaca mendukung bisa mengeluarkan asap yang sangat bau.

Bunga Bangkai Amorphophallus titanum


Bunga Rafflesia patma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar